Inilah Beberapa Penyebab Komputer menjadi Lemot

|| || || Leave a komentar
halo sobat Hacker Parkour :) seperti biasa, saya selalu menyapa seperti itu diawal postingan hehee :D karena itu sudah menjadi ciri khas saya ckckckckck :P Sudahlah langsung aja ke topik yang akan saya bahas yaitu | Beberapa Penyebab Komputer menjadi Lemot | mungkin sobat punya komputer yang kinerja nya sangat lambat sekali atau bisa di bilang Lemot banget, dan itu pasti nya membikin sobat marah-marah gak jelas wkwkwkwwk :P komputer lemot pun pasti juga ada penyebabnya. Pada artikel ini saya akan membahas penyebab seperti judul diatas. Berikut Beberapa Penyebabnya Komputer sobat menjadi lemot :

(Baca Juga : Inilah 5 Alasan kenapa Komputer harus di Shutdown)

1. Ada aktivitas Virus dalam windows
Bersihkan virus dari komputer sobat dan jangan pernah disable antivirus, selalu lakukan update secara rutin antivirusnya tiap minggu. inilah beberapa antivirus yang selalu update definisi virusnya setau saya yaitu (Avast!, Avg, Avira).

2. RAM kecil
Kalo yang ini jelas butuh upgrade RAM, beli dan tambahkan RAM baru, RAM minimal sekarang (standar) adalah 1GB.

3. Banyak aplikasi yang berjalan sejak awal booting/menyalakan PC
Matikan program-program yang tidak perlu yang berjalan sejak awal booting. Cara mematikannya lewat Task Manager.

4. Terlalu banyak memasang antivirus
Aturan yang sebenarnya itu harusnya 1 komputer 1 Antivirus, jika lebih dari itu maka memory RAM akan terpakai banyak, apalagi jika antivirus yang digunakan adalah antivirus yang memiliki fitur banyak dan database besar, maka konsumsi RAM akan lebih banyak lagi. Untuk antisipasi penyebaran virus dari Flashdisk, bisa pakai Antivirus Local seperti Smadav yang gak kalah tangguh dari antivirus lainnya.

5. Harddisk mengalami bad sector
Harddisk yang ada bad sectornya akan menyebabkan susah dibaca, sehingga komputer/pc akan menjadi berat bahkan hang. Gunakan tool pengenal bad sector (misal hdd generator dll) untuk menandai bad sector dan menghindari pc untuk membacanya. Yang terbaik adalah memback up data dan menggantinya dengan Harddisk baru.

6. Harddisk penuhHarddisk terlalu penuh juga bisa menyebabkan kerja komputer menjadi berat. Karena komputer akan lebih lama saat mencari dan membaca data. Yang terburuk adalah ketika drive sistem (biasanya drive C) digunakan juga untuk menyimpan data, maka lama kelamaan komputer akan semakin berat.
saya ada sedikit Tips nih :
- Buang file-file yang tidak diperlukan dan file kembar serta bersihkan juga file-file sampah dan registry yang tidak diperlukan dengan CCleaner.
- Ubah letak penyimpanan MY DOCUMENT dari C ke drive data, misal D, ini juga untuk mengamankan data jika sewaktu waktu windows bermasalah.

7. Banyak file-file sampah dan registry yang tidak diperlukan dalam windows
Gunakan tool pembersih file-file sampah dan registry yang tidak dibutuhkan, misal CCleaner. Seperti pada Tips Nomor 6.

8. Suhu CPU terlalu panas, biasanya karena kerja kipas prosesor/heatsink terganggu atau sudah lemah
Kipas heatsink yang terganggu putarannya, baik itu karena debu maupun faktor umur, akan berkurang kemampuannya untuk membuang panas prosesor, akibatnya kerja prosesor terganggu dan pc menjadi kurang optimal. Sedikit Tips nih "bersihkan heatsink atau ganti baru jika putarannya sudah lemah".

9. Pemakaian Theme atau Skin yang berat
RAM rendah sebaiknya tidak menggunakan theme yang terlalu berat atau menggunakan efek-efek lainnya. Toh kan itu hiasan aja, jadi daripada kinerja komputer kita lemot ya lebih baik pakai theme yang standart aja.

itulah Beberapa penyebabnya komputer kita menjadi Lambat/Lemot. Semoga Bermanfaat ^_^
/[ 0 komentar Untuk Artikel Inilah Beberapa Penyebab Komputer menjadi Lemot]\

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home