Cara Menyusun Rangkaian Kabel Jaringan UTP/RJ45 (Straight dan Cross-Over)

|| || || 2 komentar

Halo sobat Hacker Parkour :) jumpa lagi dengan saya pada artikel Cara Menyusun Rangkaian Kabel Jaringan UTP dengan Konektor RJ45 (Straight dan Cross-Over). Artikel ini cocok banget buat sobat Hacker Parkour yang Sekolahnya SMK Jurusan TKJ, buat sobat yang tidak ngambil Jurusan TKJ boleh juga belajar ini, hitung-hitung buat nambah pengetahuan hehee :D
Langsung aja yok kita menuju ke Tkp Cara Menyusun Rangkaian Kabel Jaringan RJ45 (Straight dan Cross-Over) :

Untuk Persiapan alat-alatnya sobat siapkan kabel, konektor, tang crimping, dan tester untuk mengetes berhasil atau tidaknya percobaan sobat.
Konektor rj45, tang crimping, lan tester

Untuk Kabel Jaringan ada 8 warna yang harus sobat hafalkan, yakni : Putih-Orange, Orange, Putih-Hijau, Hijau, Putih-Biru, Biru, Putih-Coklat, Coklat. Itulah warna-warna dalam kabel jaringan terutama yang kita bahas pada saat ini yaitu Kabel RJ45.

Untuk yang pertama yaitu kita menyusun kabel Straight, Kabel Straight yaitu Rangkaian kabel jaringan yang menghubungkan komputer satu ke komputer lain dengan menggunakan Switch/Hub.
Berikut Rangkaiannya :

Ujung A :
1. Orange-Putih
2. Orange
3. Hijau-Putih
4. Biru
5. Biru-Putih
6. Hijau
7. Coklat-Putih
8. Coklat

Untuk yang ujung B sama dengan Ujung A dikarenakan Rangkaian kabel straight adalah Lurus. Untuk lebih jelasnya lihat Gambar :
contoh kabel straight

Sekarang Untuk yang Rangkaian Kabel Cross-Over, kabel cross-over yaitu rangkaian kabel jaringan yang menghubungkan Langsung komputer satu ke komputer lain tanpa menggunakan switch/hub.
Berikut rangkaiannya :

Ujung A :
1. Orange-Putih
2. Orange
3. Hijau-Putih
4. Biru
5. Biru-Putih
6. Hijau
7. Coklat-Putih
8. Coklat

Ujung B :
1. Hijau-Putih
2. Hijau
3. Orange-Putih
4. Biru
5. Biru-Putih
6. Orange
7. Coklat-Putih
8. Coklat

Untuk rangkaian Cross-Over yang menyilang cuma rangkaian nomor 1-3, 2-6, 3-1, 6-2. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar :
rangkaian kabel cross-over

Untuk melihat perbedaan Setting pin kabel straight & cross-over dan untuk membandingkan posis transmit dan receive masing-masing tipe lihat gambar dibawah ini :

kabel straight dan cross-over


Syukur Alhamdulillah telah selesai juga artikel saya pada malam minggu ini :) kepada Para Master Jaringan maaf kalo ada kesalahan pada artikel saya ini, karena saya hanya ingin berbagi ilmu yang saya miliki kepada semua orang, untuk Kritik dan Saran bisa anda masukkan di kolom komentar :)

/[ 2 komentar Untuk Artikel Cara Menyusun Rangkaian Kabel Jaringan UTP/RJ45 (Straight dan Cross-Over)]\
Alfian mengatakan...

oke apanya sob ? :D
thanks udah berkunjung ^_^

Cable tray terbaik di surabaya mengatakan...

nice gan,ane coba referensiin ke sepupu ane yang sekolah smk deh, thanks gan semoga maju terus blognya

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home