Tips Meminimalisir Kerusakan Pada PC/Laptop

|| || , || 4 komentar

PC/Laptop/Notebook
Tips Meminimalisir Kerusakan Pada PC/Laptop | Memang benar apa kata pepatah "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati", namun pada dunia Teknologi kata-katanya berbeda lagi dan menjadi "Merawat Lebih Baik Daripada Membawa ke Tukang Servis". Jadi kali ini saya akan beri Tips sesuai judul diatas yang dimana Tips tersebut sangat diperlukan bagi yang mempunyai PC/Laptop/Notebook. Namun bagi yang belum punya PC/Laptop/Notebook, artikel ini bisa dijadikan sebagai wawasan/pengetahuan baru yang mungkin suatu saat sobat akan membutuhkannya.

Baca Juga {Teknik-Teknik Mendiagnosa Kerusakan Komputer}

Berikut Tipsnya :

1* Monitor (Tabung CRT/LCD/LED)
  • Jauhkan monitor dari Magnet, Misal : menaruh Speaker atau benda lain yang mengandung magnet didekat layar monitor. Ciri-ciri adanya medan magnet didekat layar monitor adalah munculnya warna pelangi pada layar monitor, segera pindahkan monitor atau benda yang mengandung magnet tersebut karena bisa merusak Diafragma monitor, lama-lama akan blur gambarnya dan pixel juga akan mati.
  • Masih pake monitor Tabung/CRT ? Perhatikan suara yang muncul pada saat awal menghidupkan monitor, jika ada suara mirip ketukan keras "Krek" biasanya pertanda monitor akan mati, ini karena adanya hentaka secara paksa pada RGB/Playback. Tidak ada yang bisa saranin untuk hal ini, biasanya karena faktor usia dan pengaruh dari naik turunnya daya listrik. Mungkin dengan memasang Stavolt/UPS akan sedikit mengurangi resiko cepat mati. Tetapi kalau ada dana ya sebaiknya membeli monitor baru dengan layar LCD/LED yang lebih awet dan hemat energi.
2* CPU
  • Gunakan UPS supaya naik turunnya listrik bisa terkontrol, dan bila ada pemadaman listrik mendadak PC tidak akan langsung mati sehingga kita masih memiliki kesempatan untuk meng-shutdown pc dengan benar dan aman. Dampak buruk jika pc sering terkena pemadaman listrik (Mati Mendadak) adalah kerusakan pada Harddisk (Muncul Bad Sector hingga mati total).
  • Beri ruang udara yang baik pada PC (Personal Computer). Beri jarak antara lubang pembuangan udara dengan dinding/sekat serta berikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan membantu CPU agar tidak mengalami Over-Heating karena pengaruh sirkulasi udara yang buruk. Yang terbaik adalah PC digunakan di ruang ber-AC atau ada Kipas pada Casingnya.
  • Usahakan terminal listrik CPU tidak digunakan bersamaan (Paralel) dengan alat-alat lain, terutama dengan alat-alat yang menyedot daya listrik yang cukup besar misal : Setrika, Magic jar, Pemanas air dkk. Ini untuk mengurangi dampak kekurangan daya (sekalipun sebentar), karena daya yang kurang akan membuat kerja mainboard dan power supply terganggu.
NB: Musuh utama kerusakan pada CPU adalah PanasVoltage listrik yang tidak stabil, hubungan singkat arus listrik, serta Getaran (Slot RAM dan lainnya bisa kendur).

3* Mouse & Keyboard
  • Jangan membiasakan menekan tombol keyboard dengan keras/kasar. Ada cara yang lembut, kenapa harus kasar yang dapat mengakibatkan keyboard rusak ?? meskipun ada pekerjaan yang mengharuskan kita mengetik dengan cepat, tak ada salahnya kan jika kita mengetiknya dengan cara Nyantai dan Rilex.
  • Bersihka Keyboard & Mouse minimal sebulan sekali. Membersihkan keyboard menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu-debu yang menempel pada keyboard, dan membersihkan mouse menggunakan Tissu untuk mengelap bagian luar serta menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mouse.
So, Cintailah PC/Laptop/Notebook sobat seperti sobat mencintai kekasih sobat, sehingga sobat akan merawatnya dengan hati-hati dan penuh ke ikhlasan serta kasih sayang :D

/[ 4 komentar Untuk Artikel Tips Meminimalisir Kerusakan Pada PC/Laptop]\
Anonim mengatakan...

kunjungan perdana gan :)

nice info

jangan lupa mampir ya :D

Alfian mengatakan...

Ya sob Thanks udah mampir (h)

Andrekocak Blog mengatakan...

berguna bngt gan makasih :D

Alfian mengatakan...

sama-sama sob :) thanks udah mampir :>)

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home