Tips Melindungi Komputer Anda dari Virus dan Spyware

|| || || 2 komentar
Halo sobat Hacker Parkour :) ketemu lagi nih dengan saya dalam artikel tentang | Tips Melindungi Komputer Anda dari Virus dan Spyware | setelah sekian lama tidak posting sama sekali :D virus komputer masih menjadi momok yang menakutkan bagi orang yang masih awam dalam dunia IT, tapi saya akan bagi tips tersebut untuk melindungi komputer sobat supaya terhindar dari virus dan spyware. Tapi sebelumnya apakah sobat tau apa itu virus ? spyware ? tapi ini yang dimaksud bukan virus pada tubuh manusia loh sob, melainkan pada System komputer kita. Virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Sedangkan Spyware adalah turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing), (wikipedia). Setelah sobat tau apa itu virus dan spyware, sekarang langsung aja menuju tips nya :

1. Gunakan Software Antivirus
  • Software antivirus dapat melindungi konputer sobat yang terhubung internet dari serangan virus. pastikan untuk selalu update software Antivirus sobat dengan menggunakan pilihan Automatic update.
2. Gunakan Firewall
  • Hacker selalu berusaha mengamati Sistem komputer yang mudah diserang. Network firewalls yang berbasis perangkat lunak atau perangkat keras, dapat melindungi dari serangan-serangan ini. tetapi tidak ada firewall yang menangkap atau menghentikan semua serangan, jadi sobat perlu untuk menggunakan firewall bersama dengan tindakan perlindungan yang lainnya.
3. Gunakan AdWare/SpyWare Removal Tools
  • Spyware mempunyai banyak bentuk. beberapa dapat menguasai web browser dan membawa sobat ke website mereka. yang lainnya melakukan download dan menginstall Trojan Horse atau program keylogger ke sistem sobat tanpa diketahui. Penggunaan Adware/Spyware tools dapat menghindarkan hal-hal tersebut.
4. Update semua Aplikasi termasuk Operating System Sobat
  • Para vendor biasanya mengeluarkan Patches untuk software mereka setiap menemukan kelemahan. Sobat harus dapat memperoleh update tersebut dari website vendor. Baca cara penggunaan atau carilah informasi dari website vendor untuk keterangan tambahan bagaimana sobat dapat memperoleh update Dapatches secara rutin.
5. Matikan Komputer atau Putuskan hubungan Komputer dari Internet jika sedang tidak digunakan
  • Hacker tidak dapat menyerang komputer sobat jika komputer sobat dalam keadaan mati atau tidak terhubung dengan internet.
6. Jangan Buka E-mail Attachments yang tidak sobat kenal
  • Lakukan tindakan hati-hati dengan hanya membuka attachments jika sobat mengenali sang pengirim dan mengetahui alasan mengapa sobat dikirimkan attachments tersebut.
7. Periksa File yang akan sobat Download dengan Antivirus
  • Gunakan Antivirus sobat untuk men-scan semua software yang akan sobat download dari internet.
8. Jangan menjalankan Program yang tidak sobat ketahui asal usulnya
  • Jangan pernah menjalankan program yang berasal dari sumber atau perusahaan yang tidak jelas atau tidak dapat dipercaya. dan hindarkan mengirim program-program dari sumber yang tidak dikenal tersebut kepada teman sobat hanya karena program tersebut menyenangkan. Program tersebut mungkin mengandung virus trojan horse.
Sementara itu saja yang bisa saya share kali ini :) semoga bermanfaat ^_^
/[ 2 komentar Untuk Artikel Tips Melindungi Komputer Anda dari Virus dan Spyware]\
Anonim mengatakan...

nyumbang komentar sob, kunbal ya

Alfian mengatakan...

iya sob thanks udah berkunjung :)
siap meluncur....

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home