Manfaat Dan Klasifikasi Jaringan Komputer

|| || || Leave a komentar
Manfaat Dan Klasifikasi Jaringan Komputer
Halo sobat Hacker Parkour :) lama nih saya gak posting dikarenakan lagi ada kesibukan di dunia nyata. Dan kali ini saya tidak share game, melainkan saya share Tentang Manfaat Dan Klasifikasi Jaringan Komputer seperti halnya pada artikel sebelmunya saya telah share Sejarah dan Pengertian Jaringan Komputer, untuk Manfaat dan Klasifikasi nya sobat harus mengetahuinya, karena bagaimanapun Jaringan Komputer ini termasuk dalam kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi. Wah kebanyakan cakap nih saya heheee :D Langsung aja menuju ke pembahasan :


1. Manfaat Jaringan Komputer

    Jaringan Komputer memiliki manfaat yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan komputer yang stand alone. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Berbagi pakai sumber daya.
  2. Berbagi pakai Software.
  3. Berkomunikasi.
  4. Pemprosesan terpusat (Terdistribusi).
  5. Keamanan data.
  6. Akses internet bersama.
itulah Manfaat dari Jaringan Komputer, sekarang kita menuju ke Klasifikasi Jaringan Komputer.

2. Klasifikasi Jaringan Komputer

    Untuk memudahkan/memahami jaringan komputer, para ahli membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi sebagai berikut :
  1. Berdasarkan area dan skala.
  2. Berdasarkan media penghantar.
  3. Berdasarkan fungsi.
A. Berdasarkan Area dan Skala
  • Berdasarkan area luas dan skala secukupnya, jaringan komputer dibedakan menjadi LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), dan Internet.
  1. LAN (Local Area Network) adalah sekumpulan komputer yang berada di area yang tidak terlalu luas, seperti di kantor milik pribadi dan di sebuah perusahaan kecil atau menengah. Biasanya LAN berukuran hingga beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik agar dapat saling bertukar informasi serta pemakaian bersama sumber daya, misalnya printer berkualitas tinggi yang harga nya sangat mahal.
  2. MAN (Metropolitan Area Network) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan dalam satu kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
  3. WAN (Wide Area Network) memiliki cakupan yang lebih luas daripada MAN. WAN dapat meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan satu benua. Adapun metode yang digunakan oleh WAN hampir sama dengan LAN dan MAN.
  4. INTERNET adalah Interkoneksi Jaringan-jaringan komputer yang ada didunia sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet, bahkan tidak menutup kemungkinan mencakup antar planet. Koneksi jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan yang khas dari Internet Protocol (IP).
B. Berdasarkan Media Penghantar
  • Berdasarkan Media Penghantar, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :
  1. Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Umumnya, kabel yang digunakan terbuat dari bahan dasarnya tembaga, namun dalam perkembangan selanjutnya digunakan pula kabel yang terbuat dari serat optik. Kabel berbahan tembaga biasanya digunakan pada jaringan Local/LAN. Sedangkan kabel serat optik digunakan pada jaringan MAN/WAN.
  2. Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar peralatan radio yang bisa saling terhubung. Jenis-jenis radio yang bisa digunakan memiliki macam dan ragam yang banyak. Seperti halnya radio yang biasa kita dengarkan yang memiliki frekuensi. Radio ini pun memiliki frekuensi yang membatasi tiap-tiap radio tidak saling terhubung. Frekuensi yang digunakan pada radio untuk jaringan komputer biasanya menggunakan frekuensi tinggi seperti 2.4 GHz, 5.8 GHz (Sumber: Praktikum jaringan)
C. Berdasarkan Fungsi
  • Berdasarkan Fungsi, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua yaitu :
  1. Peer To Peer adalah jaringan komputer yang dimana suatu komputer yang terhubung bisa menjadi server sekaligus menjadi client. Sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
  2. Client-Server adalah jaringan komputer yang dimana client melakukan permintaan data pada server dan server bertugas memberi fasilitas (data) pada si client.
Syukur Alhamdulillah telah selesai juga artikel ini :) semoga bermanfaat ^_^

/[ 0 komentar Untuk Artikel Manfaat Dan Klasifikasi Jaringan Komputer]\

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home