Pentingnya Deteksi Dini Tanda-Tanda Kerusakan Pada Mesin atau Peralatan

|| || || Leave a komentar
Pemeliharaan mesin menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan. Saat ini dengan tingkat kesadaran manusia akan perawatan peralatan atau mesin memberikan manfaat yang besar dengan budaya konsumtif. Dengan melakukan perawatan terhadap peralatan atau mesin jenis apa pun akan menghemat biaya untuk perbaikan atau membeli produk baru.

Pemeliharaan pada peralataan ada yang dilakukan setiap hari atau beberapa kali sehari, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. Bentuk perawatan yang dilakukan tersebut biasanya berbeda. Dengan rutinitas perawatan yang berkala juga sangat bermanfaat, jika terdapat tanda-tanda kerusakan pun dapat dideteksi secepat mungkin. Namun bagaimana jika kerusakan sebuah mesin atau alat itu sulit untuk dideteksi.

 Ada satu jenis alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kerusakan pada mesin atau alat. Alat ini berupa kamera infrared berkualitas tinggi yang dihadirkan oleh PT Libratama. Kamera ini akan menginvestigasi ada tidaknya kerusakan pada mesin. Kinerja yang dilakukan kamera infraredtersebut adalah menemukan “hot spot” untuk memprediksi perawatan yang diperlukan. Kamera canggih ini dinamakan Thermo Gear yang diproduksi oleh NEC Avio Infrared Technologies Co. Ltd. dari Jepang.

Infrared Themografi merupakan alat atau metode yang mampu mendeteksi energi infra merah yang dipancarkan dari objek, mengkorvesi suhu, dan menampilkan gambar dari distribusi (penyebaran) suhu. Agar akurat, peralatan dan metode yang dilakukan memiliki penyebutan yang berbeda. Pada peralatan disebut sebagai termograf infrared, sedangkan metode yang digunakan disebut sebagai infrared themografi. Meskipun begitu, teknologi ini lebih cenderung disebut sebagai infrared termografi yang mempertimbangkan generalisasi terminologi. Peralatan ini memiliki karakteristik, yaitu menangkap penyebaran suhu pada permukaan yang dapat ditampilkan sebagai informasi yang dapat dilihat. Sedangkan suhu dapat diukur dari jarak jauh tanpa menghubungi obyek secara realtime.

Perbandingan relatif dari penyebaran suhu permukaan dapat dibuat pada sebuah area yang luas. Suhu dapat diukur dengan mudah, baik untuk benda yang bergerak maupun benda yang berbahaya untuk didekati. Sedangkan pada benda yang berukuran kecil dapat diukur tanpa membingungkan suhu. Untuk makanan dan obat-obatan, atau bahan kimia dapat diukur secara sanitasi. Pada suatu benda dengan perubahan suhu yang drastis dalam waktu singkat pun dapat diukur.


Dengan alat tersebut apa pun kondisi mesin atau alatnya, akan dengan mudah dideteksi jenis kerusakannya. Sehingga jenis perawatannya pun dapat segera dipersiapkan. Selain kamera infrared, masih banyak produk industrial maintenance lain yang didatangkan oleh Libratama diantaranya tank linings, kompresor, battery diagnosis, ceramic coating, peralatan berbasis pneumatik, serta peralatan listrik seperti steker, kabel, dan stop kontak yang memiliki standar IEC (Internationl Standards and Conformity), yaitu standar penilaian dan kesesuaian untuk semua jenis alat yang menggunakan listrik, elektronik, serta yang berkaitan dengan teknologi. Sehingga produk tersebut sangat dipercaya sebagai produk kelistrikan yang aman, dan saat dilakukan inspeksi listrik akan dijamin sebagai produk yang tidak akan menimbulkan hal-hal yang berbahaya, seperti korsleting listrik.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Pentingnya Deteksi Dini Tanda-Tanda Kerusakan Pada Mesin atau Peralatan]\

Posting Komentar

Silahkan memberikan Kritik/Saran, Pujian dll melalui Kotak komentar.
#No Spam
#No Sara
#No Promosi

#Blog ini Dofollow
*Jika berniat mencari Backlink, carilah dengan Bijaksana dengan berkomentar yang sesuai dengan isi Artikel dan dengan menggunakan open-id/NameUrl. Jangan Spam didalam komentar*

Next Previous Home